Cara Instal Ulang Macbook Pro dengan Flashdisk

Cara Instal Ulang Macbook Pro dengan Flashdisk

Cara Instal Ulang Macbook Pro dengan FlashdiskMacbook menjadi perangkat yang belakangan ramai digunakan. Perangkat ini merupakan salah satu Produk besutan Apple yang memang sudah terkenal sebagai vendor besar. Sejumlah perangkatnya diklaim punya spek bagus, seperti halnya Macbook yang khususnya versi Pro.

Kehadiran perangkat populer ini tentu menjadi hal paling menggembirakan untuk para Programmer atau pengusaha lainnya. Namun dengan menggunakan perangkat tersebut anda wajib tahu bagaimana langkah atau cara instal ulang Macbook Pro agar tidak kesulitan jika nantinya anda harus dihadapkan dengan persoalan yang mengharuskan perangkat kesayangan anda tersebut untuk di instal ulang kembali.

Apple memang gesit merilis perangkat, selain Macbook ada juga juga iMac. Bukan tanpa alasan perangkat Macbook terpaksa di instal ulang, dan biasanya kebanyakan pengguna mempercayakan semua pada service centre Apple. Namun pada kesempatan ini akan dibagikan tentang bagaimana cara instal ulang Macbook Pro dengan Flashdiskagar memudahkan maka anda bisa melakukannya sendiri.

Persiapan  Instal Ulang Macbook Pro

Menyiapkan USB Flashdisk

Langkah pertama untuk cara instal ulang Macbook Pro dengan Flashdisk adalah dengan mempersiapkan USB Flashdisk. Pada dasarnya memang untuk melakukan instal ulang Macbook dan Windows berbeda. Dalam hal ini tidak perlu adanya file iso atau melakukan setting BIOS laptop apabila anda ingin melakukan first booting.

Dibutuhkan USB Flashdisk Mac lalu DVD Instaler Mac serta koneksi internet. Dengan beberapa prangkat, anda bisa melakukan instal Mac OS X dengan mudah. Disini ada tahap dan langkah-langkah sebelum melakukan instal ulang. Simak selengkapnya Cara Instal Macbook Pro di Flashdisk.

Melakukan backup data Mac agar beberapa file penting tidak terhapus. Sebagai informasi saat anda hendak menginstal ulang Macbook maka semua data yang ada di Hardisk akan terhapus.

Adanya flashdisk nantinya juga dibutuhkan untuk pengganti Bootable DVD instaler Macbook. Artinya jika punya DVD instaler bisa gunakan flashdisk yang sudah tidak terpakai lagi.

Baca Juga : Cara Print Screen di Macbook

Cara Instal Ulang Macbook Pro dengan Flashdisk

Jika anda telah mempersiapkan semuanya, berikutnya simak cara instal ulang Macbook Pro dengan Flashdisk berikut:

Langkah Awal Instal Ulang

Tancapkan flashdisk yang sudah disiapkan sebelumnya. Namun pastikan Macbook Pro dalam keadaan mati. Jika sudah maka nyalakan kembali macbook tersebut. Bisa saja anda menancapkan flashdisk saat perangkat keadaan hidup, namun lakukan restart.

Proses Booting

Saat anda mendengar suara bootup, maka menunjukan Macbook menyala tugasmu yakni  menekan saja tombol Command + R pada keyboard. Dengan begitu, maka akan muncul logo booting khas dari Apple, so tinggal menunggu Proses booting selesai. Jika Proses booting selesai, akan muncul sebuah menu OS X Utilities. Menu tersebut digunakan sebagai langkah Proses instalasi Mac selanjutnya.

Pilih Menu Disk Utility

Cara instal ulang Macbook Pro dengan Flashdiskberikutnya anda pilih saja menu Disk Utility yang urutannya berada paling bawah untuk dapat format ulang hardisk Mac. Pada bagian ini pastikan juga telah melakukan format total harddisk sampai tersisa satu partisi. Apabila tidak melakukan format hardisk maka nantinya akan kesulitan memilih partisi Hardisk.

Poin Lisesnsi Apple

Jika sudah memilih menu yang tadi, selanjutnya adalah menutup aplikasi Disk Utility dan pilih menu instal OSX agar dapat memulai Proses instal ulang Macbook Pro. Untuk bisa melanjutkan instalasi, tekan tombol “Continue” yang ada di bawah logo OS X.

Pilih tombol Agree agar bisa melanjutkan Proses instalasi pada perangkat dengan menggunakan flashdisk. Ini merupakan poin lisensi yang diberikan Apple untuk penggunanya.

Proses Instal

Selanjutnya, cara instal ulang Macbook Pro dengan Flashdiskadalah memilih partisi Mac yang telah disediakan dan tunggu sampai Proses selesai. Pilih Instal yang posisinya di bawah partisi dan akan otomatis instalasi dilakukan.

Tunggu hingga Proses instalasinya selesai, dan jika anda menggunakan SSD maka Proses intal ulang Mac akan jauh lebih cepat dibandingkan melalui HDD.

Itulah tutorial dari TauBGT.com tentang cara instal Macbook Pro dengan menggunakan flashdisk. Sangat mudah sekali bukan?? semoga bermanfaat.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.