Cara Hemat Baterai di Macbook

Cara Hemat Baterai di Macbook

Cara Hemat Baterai di Macbook – Bagaimana caranya agar baterai di perangkat Mac bisa lebih hemat? Baterai menjadi jantung utama sebuah perangkat, dan kapasitas besar sangat diinginkan semua orang. Kemampuan bertahan (Hidup) sebuah perangkat tergantung pada sokongan baterai, jika boros atau sedikit tentu kemampuannya tidak maksimal pula.

Cara Hemat Baterai di Macbook tentu saja menjadi incaran tips untuk beberapa orang, khususnya pengguna perangkat Apple tersebut. Apple sendiri memiliki pengaturan default yang mampu memakan daya baterai, dengan kata lain hal itu akan menguras baterai.

Cara Hemat Baterai di Macbook tentu sangat penting bagi anda pengguna perangkat Mac, pasalnya seringkalinya menggunakan laptop jenis lain pada umumnya membuat kita lantas bingung, apakah fungsi dan panduannya sama? Tentu tidak, laptop dan macbook mempunyai perbedaan di beberapa aspek. Jadi untuk Cara Hemat Baterai di Macbook mungkin membawa perbedaan juga. Dibawah ini akan disampaikan tentang Cara Hemat Baterai di Macbook sesuai yang di tunggu.

Baca Juga : Cara Convert Gambar Di Finder Macbook

Cara Hemat Baterai di Macbook

Sebelum meramban pada tips Cara Hemat Baterai di Macbook, perlu disampaikan bahwa tujuan seseorang ingin menghemat baterai perangkat agar lebih lama saat digunakan. Biasanya baterai cepat habis bukan karena maksimalnya digunakan untuk keperluan, tetapi terkadang ada aplikasi yang tak disadari berjalan dan menghabiskan daya. Tentu saja itu sesuatu yang bikin kesal karena terbuang sia-sia.

Selain itu, dengan baterai yang lebih hemat membuat kita bisa tetap mengakses dalam perjalanan meskipun tetap dalam batasan alias tidak full. Misalnya untuk menempuh perjalanan selama 20 menit atau 30 menit, saat kita mengendarai mobil dan tidak dalam posisi menyetir tentu bisa membuka laptop. Meskipun hanya dalam waktu mungkin 5 menit saja, tetapi jika kapasitas daya bisa dihemat tentu akan lebih baik. Berbeda jika baterai cepat habis atau boros, saat dalam perjalanan dikhawatirkan cepat habis. Dibawah ini adalah tips Cara Hemat Beterai di Macbook:

Lakukan Pemeriksaan Pada Aplikasi yang Sedang Berjalan

Apple sangat memudahkan pengguna sekali untuk perangkatnya dalam mengidentifikasi aplikasi dan proses apa yang saat ini menggunakan daya baterai paling banyak. Bagi anda yang ingin menemukan informasi ini, maka klik ikon baterai di kanan atas bilah menu, lalu lakukan peninjauan pada aplikasi dan aktivitas yang sedang berjalan. Disana, anda bisa menghentikan aktivitas yang paling banyak memakan daya, agar baterai bisa lebih hemat karena tidak membuang energi di aplikasi yang tidak berguna.

Atur Kecerahan Layar

Kecerahan layar sangat penting di perhatikan, bilamana anda menggunakan perangkat dengan kecerahan tinggi yang otomatis akan menyerap baterai lebih banyak. Berbeda jika anda meredupkannya, akan lebih hemat baterai. Ya, meskipun mungkin saat anda berada diruangan dengan cahaya yang cukup terang akan mengalahkan kecerahan perangkat. Solusinya, carilah tempat nyaman dengan penerangan normal sehingga anda tidak perlu mencerahkan Macbook. Caranya adalah sebagai berikut:

Klik “System Preferences” di dock Mac

Cara Hemat Baterai di Macbook selanjutnya bisa dengan lakukan klik “System Preferences” yang ada di dock Macbook. Kemudian pilih “Displays”. Hapuslah centang pada kotak “Automatically Adjust Brightness”. Dalam tahap ini gunakan penggeser kecerahan untuk menyesuaikan setting agar tampak sesuai dengan yang dibutuhkan.

Menyesuaikan Lampu Latar Keyboard

Lampu latar keyboard pada Macbook secara default akan menyala ketika dalam kondisi layar redup. Meskipun tidak ada aktivitas, lampu juga tetap akan menyala. Anda bisa mengubah pengaturan tersebut untuk lebih menghemat energi dengan cara berikut:

  • Klik System Preferences > pilih Keyboard > nonaktifkan opsi Adjust keyboard brightness in low light. Lalu aktifkan turn keyboard backlight off after (time) of inactivity. Di sini, anda bisa memilih waktu mulai dari 5 detik, 10 detik, 30 detik, 1 menit, atau 5 menit.

Demikianlah Cara Hemat Baterai di Macbook yang telah disampaikan, semoga bermanfaat.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.