Cara Cek Penggunaan Internet Di Macbook

Cara Cek Penggunaan Internet Di Macbook

Cara cek penggunaan internet di Macbook, tentu cukup penting sekali. Mengapa? Agar kita lebih tahu dan rutin memantau setiap internet yang digunakan dalma satu jam terakhir, satu hari atau bahkan satu bulan. Langkah ini mungkin sering dilakukan pada perangkat seperti laptop.

Namun bagaimana cara cek penggunaan internet di Macbook tersebut? Nah, tentunya menjadi tanda tanya sebagian besar orang akan cara cek penggunaan internet di Macbook, pasalnya antara perangkat Mac dengan laptop lainnya membawa perbedaan yang cukup signifikan. Mulai dari desain, fitur dan interface yang tidak sama. Jadi, penting sekali mencari tahu cara cek penggunaan internet di Macbook seperti yang akan disampaikan kali ini.

Cara Cek Penggunaan Internet di Macbook dengan Mudah

Akan dijelaskan tentang bagaimana anda bisa melakukan pengecekan bandwidth di perangkat macbook. Cara cek penggunaan internet di Macbook disini yang anda perlukan pertama kali adalah aplikasi iStat Menus. Untuk anda yang masih bertanya-tanya, iStat Menus merupakan aplikasi aplikasi kecil yang mampu menampilkan banyak sekali statistik dalam sistem operasi sampai dengan mesin Mac dan MacBook yang secara mendalam. Adapun langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

Baca Juga : Factory Reset Macbook

Download Aplikasi iStats

Download dan instal aplikasi iStat Menus ini ke Mac milik anda. Tetapi perlu diketahui terlebih dahulu jika aplikasi ini berbayar, namun anda masih bisa download iStat Menus melalui layanan Setapp. 

Tahapan Proses

Jika tahap install telah selesai, anda akan di suguhi dengan ikon iStat Menus di menubar bagian kanan, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Menu Extras atau bisa juga menulets. Nantinya yang muncul di Menubar tersebut hanyalah ikon sederhana yang memungkinkan anda untuk melihat kecepatan download serta melihat kecepatan upload di Mac.

Tetapi, lain cerita jika anda klik ikon download dan upload tersebut, maka anda bisa melihat dan mengetahui secara detail serta rinci semua penggunaan bandwidth di perangkat MacBook.

Informasi lain di aplikasi tersebut memungkinkan anda pula untuk melihat aplikasi apa yang menggunakan internet, melihat kecepatan bandwidth internet termasuk kecepatan download dan juga kecepatan upload di Macbook, sampai dengan aplikasi apa saja yang sedang menggunakan internet Macbook, tentunya masih ada yang lain lagi.

Pentingnya Cek Penggunaan Bandwidth

Lalu apa sih keuntungan kita mengetahui cara cek penggunaan internet di Macbook? Satu hal yang pasti, dengan anda mengetahui akan cara cek penggunaan internet di Macbook adalah guna memantau beberapa kasus. Misalnya seperti tiba-tiba kuota cepat habis tanpa tahu penyebabnya, atau padahal anda merasa belum banyak memakai. Nah, rupanya ada proses atau aplikasi yang menggunakan bandwidth internet tersebut di background.

Dengan melakukan cara cek penggunaan internet di Macbook melalui aplikasi iStat Menus, pastinya anda tidak terlalu ribet karena iStat Menus tergolong aplikasi yang sangat ringan. So, anda tidak perlu khawatir jika aplikasi tersebut akan membuay OS di perangkat Macbook anda lebih lemot atau kerja lambat.

Beberapa keunggulan lainnya pada aplikasi iStat Menus ini adalah memungkinkan pengguna bisa melihat Aplikasi mana saja yang menggunakan layanan internet, serta melihat dari kecepatan bandwidth internet baik download atau upload dan juga berbagai Aplikasi manapun yang menggunakan akses Internet.

Rekomendasi lain cara cek penggunaan internet di Macbook yakni dengan aplikasi SmartApp, yang berguna untuk memantau penggunaan koneksi internet melalui Wi-Fi, dan  melacak aplikasi apa saja yang menggunakan koneksi internet, dan bahkan semua informasi tersebut akan disajikan di menu bar Macbook dengan desain yang sangat menarik.

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :D Besok datang lagi yach :D

Check Also

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro

Cara Upgrade RAM Macbook Pro -Seperti diketahui Macbook Pro hadir dengan RAM berkapasitas 4GB. Kapasitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.