Cara Cek Garansi iPhone

Macam-macam Garansi dan Cara Cek Garansi iPhone

Sebagai sebuah HP smartphone kelas atas dan harganya yang mahal, garansi juga menjadi bagian yang sangat penting. Bagi para pengguna baru juga harus mulai paham bagaimana cara cek garansi iPhone agar tidak terkena tipu.

Walaupun sebenarnya sampai saat ini ada banyak jenis garansi untuk HP iPhone yang berbeda di pasaran. Garansi-garansi itu dibedakan dari kondisi iPhone dan siapa pihak yang menjualnya atau mendistribusikannya.

Cara Cek Garansi iPhone

Sampai saat ini sebenarnya ada dua garansi yang cukup terpercaya dan bisa dipastikan kualitas HP iPhone yang diberikan bagus. Garansi itu adalah Internasional dan Resmi iBox. Maksud garansi internasional adalah produk iPhone dibeli dari luar negeri namun gerainya juga resmi.

Namun risikonya biasanya hanya bisa klaim garansi di negara tempat pembelian awal. Sementara itu garansi Resmi iBox adalah garansi yang diberikan resmi dari distributor resmi iPhone Indonesia yaitu iBox. Klaimnya juga mudah karena lokasi pembeliannya di Indonesia. 

Garansi yang perlu dihindari adalah seperti garansi rekondisi, refubish, dan rekondisi BM. Karena tidak ada yang tahu bagaimana kondisi awal HP iPhone tersebut. Berikut beberapa cara cek garansi iPhone yang lebih jelas:

1. Cara Cek Garansi iPhone Lewat About Phone

Cara cek garansi yang pertama adalah dengan menggunakan menu bawaan HP iPhone. Menu ini pastinya bisa ditemukan pada semua HP iPhone yaitu bernama “About Phone” atau “Tentang Telepon” untuk mencari tahu IMEI-nya. 

Untuk langkah lengkapnya, ikuti cara di bawah ini:

  • Langkah pertama bisa masuk dulu menuju ke menu “Settings” yang ada di iPhone.
  • Kemudian bisa tap pada opsi menu tulisan “General”.
  • Geserlah layar iPhone sampai ketemu opsi tulisan “About” dan pilih.
  • Kalau sudah, pada layar iPhone akan bisa terlihat kombinasi angka rumit bernama IMEI. Catatlah kode IMEI ini atau untuk cara gampangnya bisa discreenshot.
  • Langkah cara cek garansi iPhone berikutnya masuk ke situs “https://support.apple.com/”.
  • Berikutnya saat sudah masuk ke halaman situs, bisa masukkan angka IMEI yang sudah didapatkan tadi bersama keterangan negara asal.
  • Lalu, bisa pilih opsi yang terdapat tulisan “See your service and support coverage” pada bagian tab “Service and Repair”.
  • Terakhir akan muncul beberapa informasi termasuk di antaranya status garansi untuk iPhone yang sedang dipakai.

Pada menu itu juga, biasanya terdapat keterangan di mana pusat garansi yang bisa dikunjungi. Sehingga kalau sedang rusak bisa segera dibawa dan diperbaiki atau diganti baru.

Baca Juga  Cara Hard Reset iPhone 4 Lupa Password

2. Cara Cek Garansi iPhone Lewat Dial Up

Selain dengan menggunakan cara di atas, cara cek garansi iPhone juga bisa dilakukan lewat menu Dial Up. Sebenarnya tidak ada perbedaan yang begitu jauh dengan cara sebelumnya. Hanya saja IMEI-nya di sini akan dicek melalui menu Dial Up. Berikut caranya:

  • Buka dan operasikan iPhone yang mau dicek garansinya.
  • Kemudian pilih dan bukalah menu “Panggilan” atau biasa dikenal dengan Dial Up.
  • Setelah itu pada papan tombol yang muncul, ketik saja dengan “*#06#” dan tap tombol panggil.
  • Biasanya iPhone akan langsung menunjukkan nomor IMEI yang ada pada mesin iPhone tersebut. 
  • Screenshot atau bisa catat nomor IMEI tersebut agar tidak lupa.
  • Berikutnya bisa masuk ke website pengecekan garansi iPhone yaitu “https://checkcoverage.com/id/in”.
  • Kalau situsnya sudah terbuka, bisa isi kolom IMEI dengan nomor IMEI yang sudah diketahui tadi.
  • Lalu akan muncul tahapan verifikasi dan lalui saja seperti biasa.
  • Terakhir bisa pilih tombol tulisan “Lanjutkan” dan layar iPhone akan menampilkan status garansi dari perangkat tersebut.

Banyak banget artikel mengenai iPhone di TauBGT, simak yuk!

Pastikan selalu menggunakan cara cek garansi iPhone di atas setelah membeli. Namun ada baiknya cek dulu sebelum membeli agar tidak kena tipu.

Oke gitu aja tutorialnya,Mudah bukan? Yuk baca artikel TauBGT agar gak ketinggalan informasi menarik tentang tutorial iPhone yang lainnya. Sekian penjelasan TauBGT semoga beramanfaat dan tetap update di dunia digital ya sobat!

About Admin

Check Also

Cara-Restore-iPhone-Via-iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes nampaknya sudah bukan menjadi hal yang sulit dilakukan oleh para …

Leave a Reply

Your email address will not be published.