Cara Backup Iphone

Begini Cara Backup Iphone dengan Mudah | Pasti Work

Bagi para pengguna smartphone terutama iPhone, sangat penting sekali melakukan backup atau pencadangan data. Karena bisa saja secara mendadak HP jadi bermasalah, sehingga satu-satunya jalan keluar adalah melakukan cara backup iPhone.

Untuk caranya sendiri juga sangat simpel dan sederhana, karena pihak produsen dan pengembang iOS sudah menyediakannya agar bisa digunakan semua orang. Setelah punya data backup, maka bisa dipulihkan atau restore kapan saja saat dibutuhkan.

Banyak banget artikel mengenai iPhone di TauBGT, simak yuk!

Cara Backup Iphone dan Restore

Sebenarnya proses backup yang dilakukan pada perangkat iPhone ini dikenal sangat aman sekali. Berbeda dari perangkat Android dimana bisa dibackup ke komputer, untuk iPhone backupnya harus ke iCloud atau penyimpanan yang berbasis server online.

Walaupun saat ini banyak juga Android yang memiliki cloud sendiri layaknya iCloud seperti Xiaomi dengan MiCloud. File backup yang tersimpan secara online ini sangat aman dari kerusakan perangkat dan kesalahan sistem, sehingga data bisa digunakan kapan saja tanpa khawatir hilang.

Berikut ini cara backup iPhone:

1. Cara Backup Iphone Backup Via iCloud 

Sebelumnya sudah dijelaskan kalau iCloud adalah penyimpanan yang berbasis server online khusus pengguna iOS. Ini sama halnya seperti penyimpanan online Google Drive atau pun Dropbox. Jadi, semua data backup akan disimpan ke iCloud. Berikut caranya:

  • Pertama cek dulu perangkat iPhone yang mau dibackup apakah sudah tersambung ke internet atau belum. Sangat disarankan menggunakan jaringan WiFi saja. Karena membutuhkan banyak kuota untuk mengupload file ke iCloud.
  • Setelah itu, bagi pengguna iOS versi 8, bisa masuk menuju menu “Pengaturan” dan kemudian di dalamnya bisa tap pilihan “iCloud”.
  • Kalau sudah, akan muncul beberapa menu dan pilih opsi “Cadangan”.
  • Untuk pengguna iOS versi 7, bisa menuju “Pengaturan” lalu arahkan ke bagian “iCloud” dan bisa tap “Penyimpanan & Cadangan”.
  • Geser sebuah tombol kecil di tulisan “Cadangan Cloud” agar menjadi aktif dan punya warna hijau.
  • Selanjutnya akan muncul menu dan bisa tap pada “Cadangkan Sekarang” dan proses cara backup iPhone akan berlangsung. Tunggu saja karena membutuhkan waktu yang cukup banyak.
  • Cek keberhasilan backup dengan menuju ke “Pengaturan” lalu ke “iCloud” dan “Penyimpanan”. Jika berhasil akan ada data backup di dalamnya.

Baca Juga Cara Membuka Kunci iPhone 4 Tanpa Komputer

2. Cara Backup Iphone iTunes

iTunes merupakan software khusus yang dikembangkan hanya bagi pengguna iOS saja. Software ini ternyata juga bermanfaat untuk menjalankan backup iPhone yang mudah dan cepat. Ini caranya:

  • Langkah paling awal bisa jalankan dulu program atau software iTunes yang ada di laptop. 
  • Kemudian bisa mulai hubungkan perangkat iPhone ke laptop atau komputer tersebut pakai kabel data.
  • Setelah itu, klik pada opsi menu “File” dan bisa klik lagi tulisan “Perangkat”. Carilah opsi yang ada tulisannya “Cadangkan”.
  • Kalau sudah pilih Cadangkan, maka proses backup iPhone mulai berjalan dan tunggu sampai selesai.
  • Cek saja file backupnya di dalam iTunes tepatnya pada bagian “Preferensi” lalu ke “Perangkat”. Biasanya akan muncul pemberitahuan data backup.

3. Cara Backup Iphone Cara Restore

Nah, setelah melakukan beberapa cara backup iPhone, maka proses yang perlu diketahui berikutnya adalah restore. Caranya cukup mudah sekali. Untuk backup iCloud cukup masuk ke “iCloud” dan tap pada opsi “Pulihkan dari Cadangan iCloud”. 

Pilih data backup biasanya berupa tanggal dan isi kolom konfirmasi login iCloud. Tunggu hingga selesai dan pastikan punya jaringan internet yang cepat. Kemudian untuk restore iTunes cukup sambungkan iPhone ke laptop. 

Buka iTunes di laptop, klik “File” lalu “Perangkat” dan “Pulihkan dari Cadangan”. Tinggal pilih data backupnya dan klik “Pulihkan”. 

Memahami cara backup iPhone sangat penting sekali. Ini untuk bisa menghindari risiko iPhone yang kehilangan data mendadak, sehingga bisa dipulihkan dengan cepat dan mudah.

Mudah bukan tutorial Cara Transfer Chat WhatsApp dari Android ke iPhone? yuk baca artikel TauBGT agar gak ketinggalan informasi menarik tentang tutorial iPhone yang lainnya sekian penjelasan TauBGT semoga beramanfaat dan tetap update di dunia digital.

About Admin

Check Also

Cara-Restore-iPhone-Via-iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes nampaknya sudah bukan menjadi hal yang sulit dilakukan oleh para …

Leave a Reply

Your email address will not be published.