cara backup data iphone

Jangan panik! begini Cara Backup Data iPhone, dijamin aman!

Melakukan backuppenting halnya agar data yang tersimpan tidak hilang, terutama saat terjadi hal yang tidak diinginkan di perangkat tersebut. Termasuk ponsel iPhone yang cukup rawan kehilangan data, namun jangan khawatir karena cara backup data iPhone sendiri mudah untuk dilakukan.

iPhone memang menyediakan fitur backup yang cukup lengkap, dimana bukan hanya file-file penting saja. Namun disinikamu bisa backup berbagai macam jenis data yang tersimpan di iPhone, seperti kontak, data aplikasi, pengaturan sistem, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Backup Data iPhone

1. Backup Data iPhone di iCloud


iCloud menjadi sistem bawaan dari iPhone yang berguna untuk menyimpan file-file penting, tak heran iCloud inilah yang bisa digunakan untuk membackup semua data iPhone. Cara backup data iPhone dengan iCloud ini bisa dilakukan sebagai berikut :

  • Mula-mula hubungkanlah iPhone dengan koneksi WiFi, mengingat backup dengan iCloud membutuhkan data yang cukup besar.
  • Setelah itu bukalah menu setting, lalu ketikkan nama pengguna dan pilih opsi iCloud.
  • Ubahlah opsi backup data ke activate untuk mengaktifkannya.
  • Disini backup data sudah otomatis akan terbarui saat terdapat data baru yang ada di iPhone.
  • Namun untuk memastikan data segera tersimpan, klik opsi backup now.
  • Tunggulah hingga backup selesai dilakukan, biasanya proses ini membutuhkan waktu yang lama tergantung jumlah data yang akan disimpan.


Bila sudah selesai, maka lihatlah keterangan yang ada di bagian bawah. Dimana terdapat tanggal dan waktu terakhir update backup tersebut.

2. Backup Data iPhone di Google Drive


Penyimpanan Google Drive pastinya menjadi opsi yang bisa digunakan untuk membackup data iPhone, mengingat Google Drive diperuntukkan untuk siapapun yang memiliki akun Google. Cara backup data iPhone dengan Google Drive juga cukup mudah, yaitu seperti berikut ini :

  • Bukalah Google Drive yang ada di iPhone, lalu tekan tombol titik tiga yang ada di kiri atas layar.
  • Disini pilihlah opsi cadangkan dan pilih file yang ada di galeri ponsel, seperti gambar, foto, video, ataupun file dan dokumen penting.
  • Klik selesai dan tunggu hingga proses upload data selesai.
  • Dari sini data yang dipilih sudah tersimpan dengan aman di Google Drive.
  • Sedangkan bila ingin melakukan backup secara otomatis, pilihlah opsi cadangkan otomatis di menu yang sama dengan sebelumnya.
  • Setelah itu data akan tersimpan secara berkala di iPhone saat terdapat data baru.

Baca juga cara mirroring iphone agar presentasi lebih mudah!

3. Backup Data iPhone di PC


Apabila ingin membackup data iPhone secara manual saja, maka menyimpannya di PC bisa menjadi pilihan yang patut dicoba. Mengingat dengan ini pengguna tidak perlu ribet mengunduh atau menginstalnya kembali ke perangkat saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Melainkan cukup pindahkan saja file-file yang telah disimpan di PC ke perangkat iPhone. Namun cara backup data iPhone di PC ini kurang efektif, terutama untuk pengguna yang memiliki data real time atau update setiap saat. Karena harus menyimpannya satu persatu setiap ada data baru.

Akan tetapi untuk pengguna yang hanya ingin menyimpan file-file penting saja atau file berukuran besar. Maka cara yang satu ini sangatlah bagus untuk digunakan, mengingat ia tidak memerlukan data sama sekali dalam penerapannya.

Secara umum cara backup data iPhone sangatlah mudah dilakukan, hanya saja setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga pilihlah cara yang paling mudah dan cocok untuk kamu gunakan.

About Admin

Check Also

Cara-Restore-iPhone-Via-iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes nampaknya sudah bukan menjadi hal yang sulit dilakukan oleh para …

Leave a Reply

Your email address will not be published.