battery health iphone

Battery Health iPhone

Kamu bingung bagaimana cara menjaga battery health iphone agar terap 100 persen? Di bawah ini kami akan menjelaskan dari mulai pengertian dan cara menjaganya. 

Sebagian orang, masih menyepelekan fitur battery health di iPhone-nya. Entah karena tidak tahu fungsinya atau memang tidak peduli. Padahal fitur tersebut sangat bermanfaat untuk mengetahui kesehatan baterai, agar bisa menjaganya tetap stabil dan tahu bila ada kerusakan.

Baca Juga Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Screen Recorder Iphone

Apa itu Battery Health iPhone? 

Battery health atau kesehatan baterai, seperti namanya fungsi fitur ini yaitu untuk mengetahui kesehatan baterai di iPhone. Waktu itu pertama kali dikenalkan di iOS 11.3 tahun 2018. Dengan adanya fitur ini paling tidak kamu bisa tahu bila ada permasalahan kesehatan baterai. 

Untuk cari fitur battery health iphone, kamu bisa klik setting, lalu pilih battery, selanjutnya klik battery health (Beta). Di dalamnya ada Maximum Capacity yang akan menunjukan berapa ruang lagi yang bisa iPhone-mu tampung. 

Di sana ada juga Peak Performance Capability. Di bawah tulisan Peak Performance Capability ada penjelasan mengenai kondisi baterai iPhone. Bila baterai bermasalah, mengalami throtling CPU dan tidak terdeteksi sistem, maka harus segera ganti. 

Untuk menjaga battery health iphone 100 persen sama seperti pertama beli, itu sangat mustahil tapi bisa diatasi. 

Tips Menjaga Battery Health iPhone Tetap 100 Persen

Seiring berjalannya waktu kapasitas baterai pasti mengalami penurunan, mempertahankan battery health iphone agar tetap 100 persen itu tidak bisa. Setidaknya dengan merawat iPhone kamu bisa memperlambat kerusakan, berikut adalah beberapa tips agar baterai iPhone tetap sehat: 

1. Hindari Suhu Terlalu Tinggi 

Tips yang pertama ini berupa larangan, kamu dilarang menyimpan atau menggunakan iPhone di suhu yang terlalu tinggi. Di halaman dukungan mereka, Apple menjelaskan bahwa iPhone dirancang bisa bekerja di suhu ruangan kisaran 16 sampai 23 derajat Celcius. 

Kamu sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan iPhone di suhu ruangan tinggi atau lebih dari 35 derajat Celcius. Bila tetap memaksa hal itu bisa menyebabkan kerusakan kapasitas baterai iPhone secara permanen. 

Charge iPhone di suhu ruangan tinggi juga bisa mempercepat kerusakannya. Hindari penyimpanan iPhone di suhu tinggi untuk memperlambat penurunan daya dan mencegah kerusakan. 

2. Lepas Casing Saat Dicas

Tips yang kedua mungkin banyak orang yang tidak tahu, kalau harus melepas casing saat dicharger. Padahal hal tersebut dijelaskan oleh pihak Apple langsung. 

Dijelaskan bahwa mengisi daya pada saat iPhone berada dalam casing dapat menghasilkan panas berlebih yang dapat membuat kerusakan. Bila kamu menyadari bahwa perangkat menjadi panas saat dicharger, segera lepaskan casingnya.

3. Jangan Dicas Full 

Bila kamu akan menyimpan iPhone dalam jangka waktu lama dan tidak memakainya, maka cas sampai 50% saja. Hal itu disarankan langsung oleh Apple dan pastikan menyimpannya di suhu ruangan tidak lebih dari 32 derajat Celcius.

Mengisi daya iPhone sampai full ketika akan menyimpannya dalam waktu lama, akan membuat sebagian kapasitas maksimalnya berkurang. Lebih mudahnya, matikan iPhone kamu ketika akan disimpan dalam waktu lama agar baterainya tidak terganggu. 

Apple juga menyarankan agar kamu mengisi baterai sampai 50 persen setiap enam bulan sekali, bila akan menyimpannya dalam waktu lama.

4. Pakai Charger Asli

Hindari untuk memakai charger kw karena hal itu dapat merusak kesehatan baterai iPhone kamu. Apple sendiri menawarkan program MFI (Made for iPhone, iPad, iPod) memberi tawaran lisensi kepada vendor charger. 

Banyak banget artikel mengenai iPhone di TauBGT, simak yuk!

Jadi, dengan adanya lisensi itu vendor charger atau pihak ketiga harus lulus uji dan memenuhi persyaratan dari Apple untuk keamanan. Untuk itu pastikan bila kamu menggunakan charger asli atau memilih charger yang telah memiliki sertifikat MFI. Dengan mengikuti ke-empat cara di atas, battery health iphone kamu tidak akan menurun drastis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Sekian penjelasan TauBGT semoga beramanfaat dan tetap update di dunia digital ya Sobat ! Yuk baca artikel TauBGT agar gak ketinggalan informasi menarik tentang tutorial iPhone yang lainnya.

About Admin

Check Also

Cara-Restore-iPhone-Via-iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes nampaknya sudah bukan menjadi hal yang sulit dilakukan oleh para …

Leave a Reply

Your email address will not be published.