Cara Menghapus Video di iPhone Lewat iTunes

8 Fungsi Tombol Aplikasi Home iPhone yang Perlu Anda Ketahui

Ternyata tampilan tombol aplikasi home iPhone memiliki banyak fungsi yang bisa mengintegrasikan ke fitur lainnya. Bagi pengguna iPhone yang baru awal memakai ponsel merek ini, tentu sedikit bingung karena bagian homescreen-nya sedikit berbeda dari smartphone Android kebanyakan.

Fungsi Aplikasi Home iPhone

Home screen pada iPhone memang cukup unik dan berbeda sehingga terkadang membuat penggunanya bingung. Fungsi tombol Home pada smartphone merek ini tidak hanya digunakan untuk membuka lock-screen saja. Setidaknya ada beberapa fungsi dari tombol aplikasi Home iPhone ini yang perlu Anda ketahui. Apa saja itu?

Menampilkan Semua Aplikasi Multitasking Manager

Aplikasi multitasking manager pada iPhone bisa Anda tampilkan dengan mengklik dua kali tombol Home. Baik aplikasi gratis ataupun yang berbayar, semua aplikasi yang sedang berjalan akan dimunculkan. Sehingga pengguna bisa lebih cepat menggunakan aplikasi yang sering digunakan tanpa mengecek satu per satu software yang ada di ponsel.

Mengakses Siri

logo siri iphone

Aplikasi Siri pada iPhone merupakan asisten pribadi yang dapat membantu penggunanya untuk melakukan sesuatu hanya dengan meminta melalui suara. Aplikasi iPhone ini memungkinkan Anda untuk mengirim pesan, melakukan panggilan telepon, jadwal pertemuan, dan lainnya hanya dengan suara.

Kelebihan Siri adalah bisa memahami dan mengerti suara natural Anda dan tidak seperti perangkat lunak pengenalan suara konvensional lainnya yang mengharuskan untuk mengingat keyword. Ini merupakan salah satu aplikasi unggulan iPhone yang dapat diakses melalui tombol Home.

Menampilkan Kontrol Aplikasi Musik

Anda tidak harus membuka aplikasi musik kembali secara keseluruhan untuk melakukan kontrol seperti mengatur volume suara, play/pause, maupun mengubah lagu. Saat ponsel terkunci ketika sedang memutar musik, maka cukup tekan tombol aplikasi Home iPhone dan kontrol aplikasi musik akan ditampilkan.

Mengakses Notification Center

Anda tidak harus membuka lock screen hanya untuk melihat notifikasi yang masuk. Caranya sangat mudah yakni tekan tombol Home dan gesek layar ke kanan atau ke kiri. Notification Center secara otomatis akan muncul di layar iPhone melalui akses widget setelah mengklik tombol Home.

Kontrol Aksesibilitas

Tombol Home pada iPhone hanya merespons klik ganda maupun tunggal secara default. Namun, Anda bisa melakukan pengaturan yang memungkinkan tiga kali klik agar bisa melakukan tindakan tertentu. Caranya dengan buka menu Pengaturan dan klik General >> Accessibility >> Accessibility Shortcut.

Dengan melakukan pengaturan ini, maka Anda dapat memicu beberapa tindakan dengan tiga kali klik untuk Assistive Touch, Color Filters, Zoom, Voice Over, Switch Controls, dan lainnya.

Menampilkan Kamera

Jika sedang buru-buru ingin segera mengambil gambar, maka tidak perlu lagi melakukan banyak langkah hanya untuk membuka kamera. Anda bisa memunculkan kamera tanpa membuka lock screen melalui tombol aplikasi Home iPhone. Menu kamera akan muncul saat Anda mnggeser layar ke kiri setelah menekan tombol.

Memunculkan Menu Kontak

contact iphone

Fungsi lain dari tombol Home adalah untuk memunculkan fungsi kontak. Caranya sangat mudah yakni dengan mengklik dua kali tombol Home dan akan muncul tampilan menu Kontak. Sehingga Anda bisa langsung menghubungi atau mengirim pesan ke kontak yang diinginkan lebih cepat.

Mematikan Control Center

Anda bisa menyembunyikan Control Center kembali hanya dengan mengklik satu kali tombol Home. Cara ini tentu saja sangat praktis dan memudahkan penggunanya.

Dengan mengetahui fungsi tombol aplikasi Home iPhone, maka Anda pun dapat lebih mudah mengakses software yang diinginkan. Fitur-fitur yang terdapat pada smartphone ini awalnya memang terlihat membingungkan, namun lama-lama ternyata sangat mudah dan praktis. Sudah siap berpindah jadi keluarga iPhone seperti pelanggan TauBGT lainnya. Yuk bercengkrama di komentar.

About Admin

Check Also

Cara-Restore-iPhone-Via-iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes

Cara Restore iPhone Via iTunes nampaknya sudah bukan menjadi hal yang sulit dilakukan oleh para …

Leave a Reply

Your email address will not be published.