Apakah Mual setelah Makan Merupakan Tanda Awal Kehamilan?

taubgt.com – Apakah kamu merasakan mual setelah makan? Perut terasa mual setelah makan bisa menjadi tanda awal kehamilan, lho!

Ya, mual salah satu gejala kehamilan yang paling umum terjadi. Mual yang disertai muntah disebut dengan morning sickness, yang biasanya juga menimbulkan ketidaknyamanan.

Untuk mengetahui pasti apakah mual setelah makan yang dialami karena kehamilan atau tidak, di bawah ini telah merangkum informasinya. Yuk, disimak!

Benarkah Mual setelah Makan Merupakan Tanda Awal Kehamilan?

Ya, mual setelah makan bisa menjadi tanda awal kehamilan. Hal ini tentunya disertai dengan gejala kehamilannya lainnya seperti terlambat menstruasi salah satunya. Kondisi yang dirasakan mual setelah makan seperti mabuk kendaraan darat atau laut.

Sebagian ibu hamil merasakan mual setelah makan, atau bahkan sepanjang hari. Sementara yang lain merasa mual hanya sesekali. Kondisi tersebut tidak bisa disamaratakan, karena gejala setiap ibu hamil berbeda-beda.

Kamu mungkin juga merasakan lapar dan mual secara bersamaan. Keadaan tersebut kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, kelelahan, hormon yang meningkat, dan sensitivitas.

Editors’ Picks

Penyebab Mual setelah Makan saat Hamil

Hingga kini tidak ada alasan yang pasti, apa penyebab mual setelah makan selama kehamilan. Namun, ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, seperti berikut:

Tips Meredakan Mual setelah Makan

Pada saat perut kosong, asam lambung akan meningkat di dalam perut. Hal tersebut dapat memperparah kondisi morning sickness yang dialami ibu hamil.

Berikut beberapa tips meredakan morning sickness setelah makan, seperti:

Faktor Lain Penyebab Mual setelah Makan selain Kehamilan

Jika mual yang dialami tidak disertai gejala kehamilan lainnya, itu berarti mual setelah makan yang kamu alami disebabkan oleh beberapa faktor lain, seperti keracunan makanan, makan berlebihan, obat yang dikonsumsi, penyakit tertentu, hingga masalah hormon.

Kapan Harus Menghubungi Dokter?

Jika mual setelah makan terjadi lebih dari dua minggu, dan tes kehamilan belum menunjukan hasil positif. Segera periksakan ke dokter, hal tersebut bisa menjadi masalah yang serius.

Jika mual dan muntah semakin parah saat hamil, hubungi dokter segera! Mungkin kamu mengalami hiperemesis gravidarum, yang dapat mengakibatkan dehidrasi dan penuruan berat badan.

Segera juga temui dokter apabila mengalami gejala lain, seperti warna urine lebih gelap, tidak bisa makan dan minum, merasa pusing saat berdiri, dan jantung berdetak kencang, agar kondisi tersebut dapat ditangani dengan tepat.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai apakah mual setelah makan merupakan tanda awal kehamilan? Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Ma!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website popmama.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D