Apa Itu Promosi: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Fungsinya

taubgt.com – romosi adalah salah satu istilah yang sudah tidak asing lagi. Umumnya, istilah promosi adalah digunakan dalam aktivitas pemasaran, meski terkadang dipakai juga dalam dunia pekerjaan. Lalu, apa itu promosi ?

Dalam hal karir atau pekerjaan, promosi adalah mengacu pada kenaikan pangkat atau posisi karyawan dalam struktur organisasi perusahaan.

Dengan kata lain, promosi adalah pengikatan pangkat karyawan dalam mempertahankan posisinya di sebuah perusahaan.

Sedangkan dalam aktivitas pemasaran, promosi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengenalkan suatu barang atau jasa, hingga bisa menarik minat masyarakat (pembeli).

Promosi adalah suatu kegiatan untuk meningkatkan sesuatu (barang atau jasa) ke arah yang lebih baik.

Menurut Fandy Tjiptono promosi adalah komunikasi pemasaran yang dikerjakan untuk mempengaruhi, menyampaikan sesuatu, membujuk, serta meningkatkan pasar sasaran dari suatu perusahaan.

Selain itu, kegiatan promosi adalah dilakukan supaya produk yang dijual dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, sehingga mereka dapat ikut membeli dan menggunakannya.

Perusahaan dan usaha kecil sering melakukan promosi produk sebagai alat pemasaran untuk mendatangkan pelanggan. Promosi suatu produk dirancang untuk menyoroti merek baru atau barang tertentu.

Di era digital seperti sekarang ini, kegiatan promosi umumnya dilakukan secara online seperti melalui website atau media sosial. Promosi produk yang menggunakan website disebut media internet atau digital.

Tujuan promosi

Dalam melakukan promosi, para pemilik produk atau jasa biasanya melakukan promosi dengan sebuah tujuan tertentu. Adapun beberapa tujuan promosi adalah sebagai berikut:

1. Menarik perhatian pembeli

Pertama tujuan promosi adalah untuk mengubah sudut pandang dan tingkah laku pembeli terhadap suatu barang atau jasa. Harapannya, setelah melihat promosi dari sebuah produk, pelanggan yang semula tidak tertarik untuk membeli barang atau menggunakan jasa menjadi tertarik dan ingin membeli produk atau menggunakan jasa.

2. Branding

Kedua, tujuan promosi adalah untuk branding sebuah produk atau perusahaan. Artinya, promosi dilakukan dengan tujuan membentuk citra atau kesan produk atau jasa di benak pelanggan sesuai dengan yang diharapkan oleh pelaku usaha atau pemiliki brand tersebut.

Demi melakukan branding atau mengenalkan brand kepada pelanggan, penjual harus menggunakan promosi yang menarik dan beda dari yang lain agar dapat memberi kesan kepada calon pelanggan.

3. Agar bersaing dengan kompetitor

Persaingan dengan kompetitor merupakan tujuan promosi yang paling sering digunakan oleh berbagai macam usaha. Promosi sangat mampu digunakan untuk menjaga angka pemasukan tetap stabil, walaupun memiliki banyak pesaing dari sebuah bisnis.

4. Untuk meningkatkan keuntungan

Keempat, tujuan promosi adalah utamanya untuk mendapatkan keuntungan maksimal atau meningkatkan keuntungan.

Apabila pelaku usaha ingin mendapatkan peningkatan keuntungan, tujuan promosi sebelumnya harus sudah tercapai. Mulai dari mengubah sudut pandang, membentuk citra sebuah usaha atau branding hingga mempertahankan pemasukan agar tetap stabil.

Keberhasilan dari proses promosi tersebut secara signifikan akan membuat keuntungan menjadi meningkat. Hal itu membuktikan bahwa sebuah usaha tersebut telah mampu bersaing dengan kompetitor.

5. Mendapatkan calon pelanggan baru

Kelima, tujuan promosi adalah untuk memperoleh pelanggan baru. Dengan begitu, tujuan promosi dapat terwujud dengan menjaga pelanggan untuk tetap percaya dengan produk atau jasa, tetapi juga mendapatkan pelanggan baru.

6. Menyebarkan informasi

Keenam, tujuan promosi adalah untuk menyebarkan informasi kepada para pelanggan terkait produk atau jasa. Informasi yang bisa dibagian seperti penawaran dengan harga atau bonus yang menarik.

Bisa disimpulkan bahwa tujuan promosi adalah agar pelaku dapat meningkatkan angka pada usahanya dengan melakukan penjualan. Sehingga dari kegiatan promosi, pelaku usaha mendapatkan keuntungan maksimal.

Fungsi promosi

Promosi adalah termasuk sebagai salah satu langkah dalam membangun bisnis. Agar dapat melakukan optimalisasi program promosi yang sedang dijalankan maupun yang akan segera dijalankan, pelaku bisnis wajib memahami apa fungsi promosi.

Ada beberapa fungsi promosi yang akan sangat membantu pelaku bisnis dalam mengembangkan usahanya. Adapun lima fungsi promosi adalah sebagai berikut:

  • Mengenalkan informasi seputar produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Mengajak calon pelanggan yang potensial.
  • Menjaga citra dan kesan bisnis yang dibangun agar tetap relevan.
  • Melakukan peningkatan nilai pada bisnis yang sedang dijalankan.
  • Fungsi promosi menjadi solusi dalam upaya untuk mempermudah proses bisnis lainnya.

Jenis-jenis promosi

Secara umum, jenis atau cara orang melakukan promosi adalah terbagi menjadi tiga bagian. Berikut ini adalah jenis-jenis promosi yang biasa kita lihat sehari-hari:

1. Promosi secara fisik

Promosi secara fisik biasanya digunakan di lingkungan fisik. Misalnya promosi pada acara-acara tertentu atau event-event yang umumnya diadakan di suatu tempat seperti pameran, bazar, festival, konser, dan lain sebagainya.

Penjual atau pelaku usaha biasanya mendirikan “stand” atau “booth” atau semacam tenda-tenda kecil yang digunakan untuk menampilkan dan memasarkan produk atau jasanya.

2. Promosi melalui media tradisional

Promosi melalui media tradisional berarti jenis promosi yang menggunakan media tradisional untuk melakukan promosi. Promosi jenis ini biasanya masih menggunakan media tradisional sebagai media untuk berjumpa dengan calon pelanggan.

Media tradisional sendiri ada jenis, yaitu media cetak seperti koran, tabloid, buletin, majalah, dan lain sejenisnya. Sementara, untuk via media elektronik biasanya menggunakan radio dan televisi.

Tidak hanya itu, promosi yang sering banyak ditemui di luar ruangan seperti iklan banner atau papan reklame atau papan billboard termasuk sebagai jenis promosi media tradisional.

3. Promosi melalui media digital

Promosi produk yang menggunakan website disebut media internet atau digital. Promosi melalui media digital termasuk jenis promosi yang paling banyak digunakan.

Jenis promosi melalui media digital berarti promosi yang menggunakan media internet dan media sosial atau jejaring sosial sebagai tempat untuk menawarkan produk atau jasa.

Promosi ini menjadi cara paling modern untuk melakukan promosi karena memiliki jangkauan yang luas. Pengaruh teknologi sangat memungkinkan untuk orang-orang di dunia maya melalui ponsel atau laptop dapat melihat produk atau jasa yang dipromosikan.

Sekarang, banyak dari para pelaku usaha mulai bermigrasi kepada media digital sebagai strategi promosi. Promosi melalui media digital terbukti sangat efektif untuk menemukan calon pelanggan setiap hari dan sepanjang hari.

Demikian penjelasan mengenai apa itu promosi, tujuan, fungsi dan jenis-jenisnya. Bisa dikatakan, promosi adalah aktivitas mengenalkan suatu barang atau jasa, hingga bisa menarik minat pembeli.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D