Aksi “Gerakan Sarapan Keliling” rutinkan anak sarapan penuh nutrisi

taubgt.com – Frisian Flag Indonesia (FFI) bersama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) berkolaborasi menggagas aksi 1000 ibu bertajuk “Gerakan Sarapan Keliling” untuk mendorong kebiasaan sarapan bagi anak-anak Indonesia mencukupi asupan nutrisi dan gizi seimbang.

Gerakan ini dilangsungkan di bulan peringatan Hari Pangan Sedunia dan telah menyasar sebanyak 1.500 anak-anak di tingkat PAUD yang ada di Jakarta, Depok, juga Tangerang.

“Dalam peluncuran Gerakan Sarapan Keliling dan kampanye #JagaDiriKiniDanNanti, kami ingin mengajak masyarakat mulai terbiasa menyediakan sarapan anak dengan gizi seimbang dan menandai kebangkitan kita bersama untuk membangun Indonesia yang sehat, sejahtera dan selaras,” ujar Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro dalam siaran persnya, Jumat.

Berdasarkan data dari Survei Diet Total (SDT) Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI di 2020 tercatat bahwa rupanya 66,8 persen anak di Indonesia mendapatkan sarapan dengan kualitas gizi rendah atau belum memenuhi kebutuhan gizi terutama dari asupan vitamin dan mineral.

Kondisi mengenai kurangnya perhatian pada kebiasaan sarapan bagi anak-anak pun ditemukan oleh FOI pada 2020 lewat surveinya di 14 kota dan kabupaten yang menunjukkan bahwa 27 persen anak-anak tidak mendapatkan sarapan sebelum berangkat ke sekolah.

Untuk itu, “Gerakan Sarapan Keliling” diinisiasi sehingga kebiasaan sarapan bergizi bagi anak-anak di Indonesia bisa ditebarkan dan diadopsi oleh para orang tua di Tanah Air.

“Makanan tambahan yang kita bagikan secara teratur terbukti meningkatkan kehadiran anak-anak itu untuk datang ke sekolah serta menumbuhkan minat belajar yang lebih tinggi. Dampak berikutnya, muncul gotong royong dalam masyarakat untuk memastikan anak-anak ini mempunyai akses yang baik terhadap pangan, sehingga menekan angka kelaparan da gizi kurang pada usia balita. Kami mendorong keluarga di Indonesia untuk memberikan sarapan dengan pangan lokal bernutrisi lengkap bagi anak,” kata Founder Foodbank of Indonesia, M. Hendro Utomo.

Aksi 1000 Ibu “Gerakan Sarapan Keliling” sebenarnya bahkan sudah menggalang relawan perempuan hingga 6000 orang. Gerakan yang awalnya dimulai oleh FOI itu bertujuan untuk mendukung pertumbuhan anak unggul melalui pangan dan pendidikan.

Sejalan dengan momentum Hari Pangan Sedunia 2022 dengan tema “Leave No One Behind” yang menghadirkan upaya memerangi kelaparan dan mendekatkan akses pangan yang baik bagi anak-anak di masa depan maka gerakan sarapan keliling kembali diamplifikasi.

Di samping menghadirkan sarapan bagi anak-anak, Gerakan Sarapan Keliling juga dilengkapi dengan kegiatan edukasi pangan lokal kepada anak-anak.

Pengenalan pentingnya pangan lokal sejak dini akan membangun kesadaran anak akan pemanfaatan pangan lokal dan dapat berperan aktif menjadi pelopor konsumsi pangan lokal untuk kecukupan nutrisi mereka.

Gerakan ini pun sukses digelar oleh FFI dan FOI pada pekan lalu dengan membagikan 4.566 kotak susu untuk 1.522 anak dari 42 lembaga pendidikan di Provinsi DKI Jakarta, Kota Depok, dan Kota Tangerang.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D