7 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Cegah Kulit Wajah Berkeriput

taubgt.com – Seiring bertambahnya usia, kulit wajah kita yang kenyal akan mulai mengempis dan berkeriput karena tingkat kolagen maupun elastin yang menurun.

Selain itu, kerusakan akibat radikal bebas dari matahari, polutan, merokok, dan alkohol semuanya juga dapat berkontribusi pada garis-garis halus, serta keriput di wajah.

Di sisi lain, apa yang kita makan sehari-hari juga dapat memengaruhi keseluruhan tampilan, warna kulit, dan bagaimana kulit kita tampak awet muda.

Jadi, selain melindungi kulit dari lingkungan, memperhatikan apa yang kita konsumsi ternyata dapat membantu mencegah munculnya garis-garis halus dan keriput.

Sebab, ada beberapa makanan yang diketahui ternyata bisa membantu kita mendapatkan kulit yang tampak lebih muda.

Makanan untuk mencegah keriput

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak tujuh makanan yang baik dikonsumsi untuk cegah kulit wajah keriput sebagai berikut.

1. Alpukat

Menurut ahli diet, Dana James, alpukat mengandung lemak yang berukuran sangat kecil sehingga dapat menyelinap melalui membran, kemudian melindungi mitokondria dan DNA dari kerusakan akibat radikal bebas.

“Tambahkan alpukat ke dalam berbagai hidangan atau camilan dengan bahan-bahan lainnya yang mendukung kulit lebih awet muda,” terangnya.

Atau, kita juga bisa mengonsumsinya sebagai menu sarapan dengan memakannya di atas roti panggang.

2. Biji wijen hitam

“Mengandung lemak esensial, asam oleat, asam amino, potasium, dan serat, biji-bijian ini sangat berlimpah nutrisi yang mempercantik kulit sehingga layak ditambahkan ke setiap makanan,” kata James.

Dia pun menyarankan kita untuk menambahkannya ke dalam roti panggang alpukat agar mendapatkan dorongan ekstra mencegah tanda-tanda penuaan kulit.

3. Biji labu kuning

Selain mampu mengatasi bekas jerawat, biji labu kuning juga dapat menaklukkan keriput.

“Sarat dengan zinc, vitamin E, belerang, dan lemak omega-3, biji labu kuning menyembuhkan, menutrisi, memulihkan, serta menghidrasi kulit,” ungkap James.

“Biji-bijian ini juga dapat memperbaiki bekas jerawat ketika kita mengalami breakout.”

“Makanlah biji-bijian ini dalam keadaan mentah karena lemaknya yang lembut akan hancur jika terkena terlalu banyak panas,” saran dia.

4. Omega-3

Ada banyak alasan mengapa asam lemak omega-3 sangat luar biasa bagi tubuh dan kulit.

Menurut ahli estetika selebriti Renee Rouleau, makanan yang kaya omega-3 dapat menahan respons tubuh terhadap iritasi dan menarik air ke sel-sel kulit untuk membuat kulit menjadi lebih kenyal dan mengurangi keriput.

Untuk mendapatkan manfaat dari nutrisi ini, dia pun menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan seperti salmon, biji rami, tahu, udang, halibut, dan kedelai.

5. Selenium

Untuk membantu menjaga elastin kulit, Rouleau menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya selenium.

Dia menuturkan bahwa selenium merupakan mineral yang baik untuk membantu menghaluskan dan mengencangkan kulit seperti kacang Brazil, keju cottage rendah lemak, dan tiram.

6. Protein

Serat kolagen terdiri dari asam amino yang membentuk protein. Jadi, Rouleau merekomendasikan diet tinggi protein untuk mendukung serat-serat tersebut.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan kaya protein seperti ikan, kacang-kacangan, tahu, tempe, daging tanpa lemak, unggas, dan telur.

7. Makanan yang mengandung vitamin C dan E

Rouleau menjelaskan bahwa vitamin C sangat penting untuk produksi kolagen dan membantu meningkatkan kemampuan kulit untuk memperbaharui dirinya sendiri.

Cobalah makanan yang mengandung vitamin C seperti sayuran berdaun hijau gelap, brokoli, paprika, stroberi, jeruk, dan pepaya.

“Nikmati sebagai camilan sore hari yang disiram dengan perasan jeruk nipis,” kata James.

Selain itu, vitamin E juga menjadi nutrisi lain yang penting untuk melawan keriput, karena melindungi sel-sel kulit dari sinar UV dan faktor lingkungan lainnya yang menghasilkan radikal bebas yang merusak sel.

Tambahkan minyak zaitun, 100 persen gandum utuh, kale, almond, dan kiwi ke dalam diet untuk mendapatkan manfaat perlindungan kulit ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D