5 Tips Penting bagi Kamu yang Harus Bekerja saat Hamil

taubgt.com – Mengandung buah hati kala bekerja bukanlah hal yang mudah. Namun, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika harus kerja saat hamil.

Biasanya, seorang wanita akan mengalami beberapa perubahan fisik dalam dirinya. Oleh karena itu, beberapa pekerjaan perlu diberikan penyesuaian.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa tetap bekerja walaupun sedang hamil.

Berikut Glints paparkan beberapa tipsnya. Yuk, simak!

1. Bicara pada atasan

© Freepik.com

Tips pertama dan utama bagi kamu yang kerja saat hamil adalah bicara pada atasan.

Sampaikan kondisimu saat ini, mulai dari kehamilan, perkiraan waktu lahir, hingga hal-hal yang menurutmu tidak mungkin bisa kamu lakukan lagi.

Tidak perlu khawatir. Atasanmu pasti akan mengerti bahwa bekerja saat mengandung bukanlah hal yang mudah.

Selain atasan, kamu juga perlu memberi tahu rekan kerjamu. Dengan begitu, mereka bisa memahami dan menyesuaikan pekerjaan yang perlu kalian lakukan bersama.

Kamu juga bisa mulai berdiskusi tentang aturan cuti hamil dengan pihak HRD.

2. Tetapkan waktu istirahat

© Freepik.com

Siapa pun yang sedang hamil membutuhkan banyak waktu istirahat, apalagi jika kamu sambil bekerja.

Kurangi hal-hal yang membutuhkan aktivitas fisik berat. Ketahui dan pahami bahwa energimu tidak sama seperti saat kamu belum hamil.

Jika ada teman kerjamu yang menawarkan bantuan, jangan segan untuk menerimanya. Bantuan dari atasan dan rekan kerja akan sangat membantumu ketika kamu bekerja saat hamil.

Selain itu, tentukan waktu untuk istirahat secara reguler. Sebagai contoh, kamu bisa menjadwalkan istirahat dua jam sekali.

Saat istirahat, tenangkan pikiran dan fisik. Berhentilah melihat laptop, komputer, tablet, atau tools kerjamu yang lain.

Dilansir dari Stanford Children’s Health, kamu juga bisa berdiri dan berjalan-jalan sedikit untuk memperlancar aliran darah serta mengurangi pembengkakan.

3. Gunakan pakaian yang nyaman

© Adobe Stock

Tips lainnya saat kamu harus kerja saat hamil adalah menggunakan pakaian yang nyaman. Faktanya, pakaian sangat berpengaruh pada psikologis dan kenyamanan bekerja.

Pilih pakaian yang terbuat dari bahan tipis dan lembut, seperti katun. Hindari juga pakaian yang ketat, termasuk celana jeans.

Selain kurang nyaman, kamu akan kesulitan bergerak dengan pakaian-pakaian tersebut.

Kamu bisa memilih pakaian yang didesain khusus untuk wanita hamil. Biasanya, pakaian tersebut dibuat longgar guna menyesuaikan bentuk badan.

Dengan begitu, kamu tetap bisa konsentrasi bekerja karena pakaianmu nyaman.

4. Sediakan snack dan minuman

© Freepik.com

Salah satu perubahan fisik yang sering dialami oleh wanita hamil adalah mual. Tidak hanya di pagi hari, kamu bisa merasa mual beberapa kali dalam sehari.

Oleh karena itu, tips lain ketika kamu harus kerja saat hamil adalah sediakan snack yang cukup untuk mengatasi rasa mual tersebut.

Namun, snack yang dimaksud tentu saja tidak bisa sembarangan, ya.

Kamu perlu menyiapkan snack sehat dengan kandungan gizi yang baik bagi janin. Biasanya, dokter akan memberikan keterangan tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh kamu konsumsi selama hamil.

Sebagai contoh, kamu bisa mengonsumsi buah dan salad ketika merasa mual.

Tidak hanya menghilangkan rasa mual, mengonsumsi snack juga bisa membantu meningkatkan energimu.

Selain mengonsumsi snack, jangan lupa minum air mineral yang cukup agar kebutuhan mineralmu terpenuhi.

5. Hindari stres

© Kumparan.com

Sebagai seorang wanita yang bekerja saat hamil, tentu saja ada banyak hal yang kamu pikirkan. Mulai dari kerjaan, menjaga kesehatan diri dan janin, hingga mempersiapkan kelahiran.

Namun, tips berikutnya untuk kamu yang kerja saat hamil adalah menghindari stres. Bagaimana caranya?

Dikutip dari Working Mother, kamu bisa melakukan peregangan, menarik napas yang dalam, dan berjalan-jalan ringan untuk mengurangi stres.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan prenatal yoga ketika weekend atau seusai kerja.

Dengan mengurangi stres, kamu akan lebih semangat dan siap menjalani hari-hari kerja.

Demikian 5 tips yang bisa kamu lakukan jika harus kerja saat hamil.

Jangan khawatir. Tips-tips tersebut bisa kamu terapkan agar kehamilan tidak menghambat pekerjaanmu, begitu pula sebaliknya.

Jika kamu penasaran dengan tips-tips lainnya seputar bekerja saat hamil, kamu bisa berdiskusi di Glints Komunitas, lho!

Glints Komunitas adalah wadah tanya jawab sesama pengguna Glints dan para pakar. Di sana, kamu bisa bertanya langsung dengan mereka yang pernah bekerja saat hamil.

Tunggu apa lagi? Yuk, sign up dan mulai berdiskusi sekarang juga!

Sumber

    Work and Pregnancy

    Working During Pregnancy: 7 Ways To Handle It

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D