5 Pilihan Hobi untuk Lansia agar Tetap Aktif dan Berani Lebih Percaya Diri

taubgt.com – Kalangan lanjut usia ( lansia ) memiliki banyak waktu luang untuk melakukan hobi yang selama ini terkendala ketika masih aktif bekerja. Meski demikian, kondisi fisik yang menurun kerap menjadi penghambat untuk melakukan aktivitas tersebut.

Padahal, dilansir dari laman Enlivant.com, aktivitas hobi dapat membuat kalangan lansia tetap aktif, sehat, dan bahagia.

Selain itu, lansia akan memiliki kesempatan bersosialisasi serta menemukan pengalaman baru sembari meningkatkan kesehatan fisik dan mengurangi stres. Dengan kata lain, tidak akan merasa kesepian dan sendirian.

Dirangkum Kompas.com dari sejumlah sumber, berikut adalah lima hobi yang bisa dilakukan kalangan lansia.

1. Olahraga

Olahraga merupakan salah satu hobi yang dapat memberikan dampak positif bagi lansia. Dengan aktif bergerak, lansia dapat terhindar dari masalah persendian dan kardiovaskular.

Salah satu olahraga yang aman dilakukan oleh lansia adalah yoga. Sebab, gerakan yoga dapat disesuaikan dengan tingkat kesehatan lansia.

Yoga juga dapat dijadikan sebagai latihan kekuatan bagi lansia. Selain itu, teknik pernapasan yang sering diterapkan pada Yoga pun bisa membantu meningkatkan kekuatan, stamina, dan suasana hati lansia.

2. Berkebun

Meski terlihat sederhana, berkebun merupakan hobi yang sesuai untuk lansia. Sebab, aktivitas ini dapat dijalankan secara mudah.

Dikutip dari artikel nlm.gov, ketika berkebun, lansia akan melakukan pekerjaan yang teratur dan berkelanjutan. Aktivitas fisik pada berkebun bisa membantu mencegah kemungkinan lansia terserang osteoporosis, depresi, dan penyakit jantung.

Tak hanya fisik, juga bermanfaat pada psikologis lansia. Dengan kondisi psikologis yang bagus, kualitas hidup lansia dapat meningkat.

3. Kerajinan tangan

Hobi yang cocok untuk lansia berikutnya adalah membuat kerajinan tangan. Sekalipun tak banyak melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga dan berkebun, kegiatan membuat kerajinan tangan dapat membantu lansia mengatasi kecemasan dan stres.

Kegiatan itu juga melatih lansia untuk berkesadaran (mindfulness). Sebab, lansia akan fokus pada kegiatan membuat kerajinan tangan saja, bukan pada hal lain.

Selain itu, aktivitas tersebut pun dapat membantu lansia merasa produktif dan berharga ketika berhasil menyelesaikan karyanya. Hasil kerajinan juga dapat diberikan kepada anggota keluarga. Apresiasi dari anggota keluarga akan membuat lansia merasa dicintai.

4. Memelihara hewan

Berteman dengan “anak berbulu” atau “anabul” bisa menjadi salah satu hobi yang dapat dilakukan lansia. Dilansir dari cigna.com, memelihara hewan dapat mendorong lansia melakukan aktivitas di luar ruangan. Pada akhirnya, kegiatan ini bisa berkontribusi pada fungsi kognitif dan sosial lansia.

Memiliki juga dianggap mampu menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan trigliserida. Selain itu, hobi ini juga bisa berdampak pada pengurangan stres dan membuat lansia lebih bahagia.

5. Menari atau bermain musik

Jika lansia bisa bermain musik, kegiatan ini bisa dijadikan hobi untuk mengisi waktu luang. Dikutip dari seniorlifepa.com, bermain musik dapat meningkatkan suasana hati lansia, membangkitkan memori bahagia, serta meningkatkan kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan.

Selain bermain musik, menari juga bisa jadi pilihan hobi lain bagi lansia. Hobi ini bisa membantu menjaga kebugaran tubuh. Menari secara teratur dapat mempertahankan kekuatan otot dan tulang lansia, memperbaiki postur, dan meningkatkan kesinambungan serta koordinasi antara irama dan gerakan.

Itulah lima hobi yang dapat dilakukan lansia agar tetap aktif dan produktif. Selain fisik, kelima hobi tersebut bisa menjaga kesehatan mental lansia.

Oleh karena itu, usia senja tidak boleh menjadi halangan bagi lansia untuk tetap aktif dan percaya diri dalam beraktivitas, apalagi ketika melakukan hobi yang disukai.

Akan tetapi, selain masalah kebugaran, lansia juga kerap mengalami inkontinensia urin atau kebocoran urin.

Sebagai informasi, inkontinensia urin merupakan kondisi hilangnya kontrol terhadap kandung kemih. Gangguan kesehatan ini menyebabkan lansia tidak bisa mengatur keinginan untuk berkemih yang sering muncul tiba-tiba.

Akibatnya, lansia kerap mengalami kebocoran urin. Hal ini dapat menghilangkan rasa percaya diri lansia ketika sedang aktif bergerak melakukan hobinya.

Agar tidak khawatir, lansia dapat menggunakan popok dewasa dari Confidence . Sebagai “The Expert Adult Care”, Confidence menghadirkan kenyamanan popok yang dibutuhkan lansia aktif dan semiaktif agar bisa menjalankan hobi tanpa kendala.

Lansia dapat menggunakan Pants Heavy Flow jika mengalami kebocoran urin yang berat. Popok celana ini mudah dipakai, elastis, dan pas di badan dengan Lycra Hyfit.

Pemakaian popok juga lebih mudah karena seperti memasang celana dalam biasa. Permukaan Confidence Pants Heavy Flow juga sangat lembut dengan daya serap ekstra 6 kali lebih banyak dan cepat kering.

Selain Heavy Flow, Confidence Pants juga memiliki tipe Medium Flow untuk kebocoran urin sedang. Kedua tipe popok ini dilengkapi SAP antibakteri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan sudah teruji klinis serta aman untuk kulit sensitif.

Confidence telah membantu banyak lansia untuk menjadi #BeraniLebihPede. Salah satunya adalah aktris senior Widyawati. Meski sudah berusia 72 tahun, Widyawati masih tetap produktif dan berkarya tanpa khawatir masalah kebocoran urin.

Agar lansia semakin bersemangat dalam melakukan hobi, Confidence menggelar kompetisi berhadiah bertajuk #BeraniLebihPede. Caranya, cukup unggah foto dan video saat lansia sedang menjalankan hobi dan bakatnya. Jangan lupa ceritakan pengalaman lansia ketika menggunakan Confidence ke media sosial.

Kompetisi dibuka mulai 12 September 2022 hingga 7 November 2022. Peserta berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah dari Confidence yang diundi setiap dua minggu, yaitu sepeda statis, koper kabin, cookware set, serta grand prize Samsung Galaxy Z Flip, smart watch, dan Walking Pad.

Ayo, #BeraniLebihPede bersama Confidence!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D