5 Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit

taubgt.com – Apakah Anda masih bingung dalam memilih kartu kredit atau kartu debit? Apakah Anda malah mempertimbangkan untuk memiliki keduanya? Sebenarnya keduanya memiliki fungsi yang serupa, yaitu mempermudah transaksi tanpa perlu menggunakan uang secara fisik. Namun ternyata keduanya memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Lalu manakah yang lebih sesuai untuk Anda? Mari kita lihat perbedaan karakteristik antara kartu kredit dan kartu debit agar Anda tidak lagi bingung memilih.

Rubrik Finansialku

Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit

Mungkin sudah lama Anda memanfaatkan jasa transaksi non tunai yang ditawarkan oleh kartu kredit dan kartu debit. Banyak manfaat kartu kredit dan kartu debit yang pastinya membuat transaksi menjadi lebih aman, mudah, dan praktis. Namun, apakah Anda tahu bahwa keduanya memiliki karakteristik yang berbeda? Secara umum, mekanisme kerja kartu debit dan kartu kredit adalah sebagai berikut:

    Kartu debit: menarik uang langsung dari tabungan Anda saat transaksi dilakukan, sedangkan

    Kartu kredit: mengumpulkan total transaksi Anda dan menagihnya pada akhir bulan.

Dari cara pemakaiannya, sudah jelas terlihat perbedaannya. Tetapi, masih banyak perbedaan lainnya, misalkan dari segi mekanisme kerja, proses pembuatan, manfaat, hingga tingkat keamanannya.

[Baca Juga: Waspadai Penipuan Kartu Kredit dan Kartu Debit]

Oleh karena itu, jangan asal menggunakannya ya! Finansialku akan mengajak Anda untuk melihat dan memahami perbedaan karakteristik dari kartu kredit dan kartu kredit agar Anda dapat memaksimalkan keuntungan dan penggunaannya.

Perbedaan Mekanisme Kerja

Banyak nasabah yang hanya menggunakan kartu debit atau kredit untuk menghindari dompet yang tebal akibat uang tunai. Tetapi sebenarnya, mekanisme kartu debit dan kredit itu berbeda lho! Agar Anda bisa memanfaatkannya sesuai kapasitasnya, mari kenali dahulu beberapa mekanisme kerja dua alat transaksi non tunai tersebut:

    Transaksi non tunai dapat dilakukan dengan PIN atau tanda tangan

    Transaksi tarik tunai dapat dilakukan dengan PIN

Merupakan produk pinjaman jangka pendek dengan tagihan setiap bulan, metode pembayaran:

    Bayar penuh

    Bayar minimal dan cicilan dengan bunga

Perbedaan Proses Pengajuan

Untuk mengajukan kartu debit dan kartu kredit, terdapat syarat-syarat yang berbeda pada setiap bank. Namun pada umumnya pengajuan akan melalui proses sebagai berikut:

Perbedaan Manfaat yang Ditawarkan

Nah, untuk menentukan mana kartu yang sesuai bagi kebutuhan Anda, Anda juga perlu membandingkan manfaat atau keuntungan yang ditawarkan keduanya. Mari kita lihat apa saja keuntungan dari kartu debit dan kartu kredit:

    Dapat digunakan untuk transaksi pada berbagai tempat seperti supermarket, ritel, dan lainnya

    Memiliki penawaran berupa potongan harga, cicilan 0%, atau poin reward, dan promo lainnya

Perbedaan Tingkat Keamanan

Dari segi keamanan, banyak yang mengatakan bahwa kartu kredit lebih aman daripada kartu debit. Namun benarkah seperti itu? Mari kita buktikan:

Perbedaan Kelemahan

Setelah puas membahas benefitnya, tentunya tidak lengkap jika tidak membandingkan kelemahannya. Beberapa kelemahan kartu debit dan kartu kredit antara lain adalah sebagai berikut:

    Terdapat bunga pada setiap transaksi

    Dikenakan bunga pada ritel-ritel tertentu

Kesimpulan

Berdasarkan tabel-tabel perbedaan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

    Kartu debit sesuai bagi pengguna yang memiliki dana cukup, kartu debit sesuai bagi pengguna yang membutuhkan pinjaman jangka pendek.

    Kartu debit lebih mudah digunakan jika membutuhkan dana tunai.

    Kartu kredit lebih mudah digunakan dalam transaksi online dan di luar negeri.

    Kartu kredit memberikan lebih banyak promo pada supermarket dan ritel.

    Biaya yang muncul pada kartu kredit lebih banyak (bunga, denda keterlambatan, biaya tahunan, dan lainnya)

    Pengajuan kartu kredit cenderung lebih mudah.

    Kartu kredit lebih aman daripada kartu debit.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit serta Apa Untung Ruginya Kartu Kredit?]

Bagaimana? Sudahkah Anda menjatuhkan pilihan? Atau mungkin Anda membutuhkan keduanya? Tidak masalah selama Anda sudah mengetahui perbedaannya, termasuk manfaat dan kekurangannya. Yang penting Anda selalu bijak dalam menggunakan keduanya, karena tujuan utama kartu debit dan kartu kredit adalah untuk memudahkan transaksi dengan adanya transaksi non tunai. Jangan sampai tujuan ini malah disalahgunakan dan berujung kerugian pada Anda.

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai perbedaan karakteristik antara kartu debit dan kartu kredit lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Rizki Abadi. 11 Mei 2016. Kartu Kredit: Kartu Debit vs Kartu Kredit, Mana Pilihan Anda? Cermati.com – https://goo.gl/XYNQtA

    Rizki Abadi. 8 November 2015. Kartu Kredit Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit serta Ancamannya. Cermati.com – https://goo.gl/pJUBZv

    Jason Steele. 13 Februari 2017. 4 Reasons Credit Is Safer Than Debit. Wisebread.com – https://goo.gl/q9Vhiu

Sumber Gambar:

    Kartu Kredit dan Kartu Debit – https://goo.gl/C3nFK7

    Kartu Kredit – https://goo.gl/zn1L7B

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website finansialku.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D