18 Obat Demam Anak Pengganti Paracetamol, Bahan Alami hingga Saran Pembaca HaiBunda

taubgt.com – Demam merupakan kondisi yang kerap terjadi pada anak-anak, Bunda. Ketika anak demam, salah satu obat yang ampuh menurunkan panasnya adalah paracetamol sirop.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan RI secara resmi menghentikan sementara pemberian obat-obatan dalam bentuk sirop, Bunda. Hal ini lantaran pemerintah tengah melakukan investigasi terhadap kandungan Etilen Glikol dan Dietilen Glikol yang diduga bisa menyebabkan gangguan ginjal akut pada anak.

Daftar Paracetamol cair yang terkontaminasi EG di atas ambang aman

Berikut daftar obat-obatannya

1. Termorex Sirup (obat demam)

Produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

2. Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu)

Produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

3. Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu)

Produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DTL7226303037A1, kemasan Dus, Botol Plastik @ 60 ml.

4. Unibebi Demam Sirup (obat demam)

Produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan Dus, Botol @ 60 ml.

5. Unibebi Demam Drops (obat demam)

Produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan Dus, Botol @ 15 ml.

Ketika anak tidak mendapatkan resep paracetamol berbentuk cair, lantas obat demam apa yang bisa diberikan pada anak selain paracetamol?

Obat demam anak di rumah

Ada beberapa obat demam anak bisa bantu mengatasi demam anak selain pemberian paracetamol, Bunda. Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya dari berbagai sumber:

1. Beri air minum yang cukup

Menurut Divisi Nefrologi KSM Kesehatan Anak RSUP Fatmawati, Dr. dr. Bobby Setiadi Dharmawan, Sp.A, Bunda bisa menurunkan demam anak dengan memberi air minum yang cukup. Bobby menjelaskan, air minum yang cukup juga bisa bantu mengatasi demam pada anak.

“Bisa dilakukan dengan obat-obatan yang lain. Misalnya pemberian air minum yang cukup karena air minum yang cukup bisa untuk mengatasi kondisi saat demam,” tuturnya saat diwawancarai HaiBunda beberapa waktu lalu.

2. Kompres air hangat

Bunda juga bisa menggunakan cara tradisional seperti mengompres Si Kecil dengan menggunakan air hangat, nih. Hal ini merupakan salah satu cara efektif menurunkan demam Si Kecil.

“Lalu juga berikan kompres air hangat,” jelas Bobby.

3. Diskusikan obat penurun panas lain dengan dokter

Jika ingin menggunakan obat-obatan penurun demam lainnya, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya, Bunda. Dokter tentunya akan memberikan resep obat yang sesuai dengan kondisi anak.

“Lalu tentunya ada pilihan-pilihan dengan berdiskusi terlebih dahulu oleh dokter yang saat bertemu nanti. Karena bentuk-bentuk dari obat penurun panas ini juga beranekaragam,” ungkap Bobby.

“Ada yang kita sebut bentuk tablet, ada yang bisa dibentuk dalam bentuk puyer, kemudian ada juga dalam bentuk suposteria (atau) yang dimasukkan ke dalam anus. Tentunya ini harus didiskusikan dan harus diresepkan oleh seorang dokter,” sambung dia.

Sebelumnya, Bobby mengimbau agar Bunda tetap tenang dan tidak panik ketika anak sedang demam. Bunda juga harus bijaksana dengan keputusan yang diambil oleh pemerintah.

“Jangan panik terhadap berita ini. Yang tadi saya bilang, belum tentu juga obat-obatan yang sudah terlanjur diminum itu mengandung Etilen Glikol dan Dietilen Glikol. Dan kalaupun ada juga belum tentu kadarnya setinggi yang terjadi di Gambia,” katanya.

“Dan kita bijaksana saja dengan keputusan pemerintah untuk menunda sementara semua obat-obat dalam bentuk cair,” lanjut dia.

4. Turunkan suhu ruangan

Mengutip dari laman Healthline, Bunda bisa jaga agar suhu ruangan dan rumah tetap sejuk selama Si Kecil demam. Ini bisa mencegah Si Kecil semakin kepanasan.

5. Sesuaikan pakaiannya

Ketika anak demam, sebaiknya ganti pakaian mereka dengan pakaian yang lebih tipis atau selimut yang tipis, Bunda. Hal ini dilakukan agar anak tetap merasa nyaman dan sejuk.

Mengenakan pakaian yang berlebihan pada anak bisa mengganggu metode pendinginan alami pada tubuh mereka.

Obat demam anak alami

Ada beberapa ramuan yang bisa digunakan untuk menurunkan demam anak disertai dengan masuk angin dan mual, Bunda. Berikut ini deretannya dirangkum dari berbagai sumber:

1. Jeruk nipis dan madu

Dilihat dari buku Resep Sehat JSR 200 Resep Menyehatkan karya dr. Zaidul Akbar, ramuan jeruk nipis dan madu bisa menjadi salah satu cara menurunkan demam Si Kecil. Berikut ini resepnya:

Bahan:

    1 buah jeruk nipis

    300 ml air hangat

    1 sdm madu

    Seujung sdt garam nonrafinasi

Cara membuat:

    Campurkan semua bahan ke dalam botol ya, Bunda.

    Kocok botol hingga semua bahan tercampur rata.

    Berikan ramuan kepada Si Kecil.

2. Mandi jahe

Jahe juga dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab demam pada anak, Bunda. Menilik dari laman Parenting First Cry, rempah ini bisa membantu membuat anak berkeringat sehingga menghilangkan racun dan panas dari dalam tubuh.

Caranya, tambahkan sekitar 2 sendok makan bubuk jahe ke bak mandi berisi air hangat lalu aduk hingga merata. Selanjutnya Bunda bisa memandikan anak yang sakit dengan air jahe hangat yang sudah disiapkan tersebut. Saat mandi, perhatikan air agar tidak kontak langsung dengan mata si kecil ya, Bunda.

3. Teh chamomile

Teh ini adalah obat yang baik untuk demam, Bunda. Untuk mendapatkan manfaatnya, Bunda perlu merebus air dan rendam daun teh chamomile sebentar. Setelah itu, tambahkan madu ke dalamnya dan berikan pada anak.

4. Kismis

Karena punya sifat antioksidan dan antibakteri, kismis secara efektif bisa mengurangi demam dengan melawan infeksi. Bunda bisa merendam sekitar 25 kismis dalam 1/2 cangkir air selama 1 jam. Saat kismis menjadi lunak, hancurkan dan saring cairannya.

Untuk memberikannya pada anak, Bunda bisa menambahkan setengah jeruk nipis, ya. Bunda bisa memberikannya dua kali dalam sehari sambil terus memperhatikan suhu tubuhnya.

5. Buah jeruk

Buah yang mengandung vitamin C menjadi pilihan yang tepat untuk diberikan kepada si kecil yang demam. Vitamin C yang ada pada jeruk dapat membantu tubuh anak terhidrasi kembali dan kandungan gula dapat memberikan energi pada anak. Tapi, buah jeruk tidak cocok bagi perut anak yang tidak terbiasa mengkonsumsi makanan dan minuman asam ya, Bunda.

Ada pula rekomendasi obat demam anak selain paracetamol dari pembaca HaiBunda, lho. Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

    20 Dongeng Sebelum Tidur Penuh Makna dan Mendidik

    15 Ciri-ciri Strict Parents Disebut Pola Asuh Kaku, Apa Dampaknya untuk Anak?

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website haibunda.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D