10 Fakta Unik Finansial Milenial yang Wajib Kamu Ketahui

taubgt.com – Sampai saat ini masih banyak anggapan bahwa milenial adalah generasi yang boros dan tidak suka menabung. Benarkah? Ternyata ada beberapa fakta seputar seputar finansial milenial yang perlu kamu ketahui.

Milenial sendiri adalah individu yang lahir antara tahun 1981 hingga 1996. Jadi, saat ini populasi generasi yang satu ini jumlahnya sangat banyak dan sedang dalam usia produktif.

Namun jika membicarakan masalah keuangan, biasanya milenial cenderung disebut cukup ceroboh.

Akan tetapi, benarkah demikian? Daripada penasaran, sebaiknya cari tahu apa saja fakta finansial milenial yang dilansir dari Entrepreneur, ELFI dan Business Insider berikut ini.

Baca Juga: 4 Nasihat Karir Untuk Generasi Millenials Yang Sedang Membangun Karir

10 Fakta Finansial Milenial

1. Pertumbuhan pendapatan yang cukup lambat

© Freepik.com

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, rupanya pendapatan milenial memiliki pertumbuhan yang cukup lambat.

Rata-rata jumlah pendapatan yang rendah tentunya akan berdampak langsung pada jumlah kekayaan yang dimiliki oleh generasi milenial.

Meski begitu, milenial tetap aktif mencari uang tambahan dengan memiliki sejumlah pekerjaan sampingan.

2. Kurangnya literasi keuangan

Literasi keuangan adalah hal yang sangat penting, tapi sayangnya masih banyak milenial yang masih kurang paham dengan hal yang satu ini.

Di Inggris hampir 49% milenial tidak tahu manfaat dari investasi saham. Hal itu berpengaruh pada kurang pahamnya mereka dengan membuat rencana keuangan untuk masa depan.

3. Lebih terbuka masalah keuangan

Fakta finansial milenial yang selanjutnya adalah generasi ini lebih terbuka jika membicarakan masalah keuangan.

Jika dibandingkan dengan generasi boomer, milenial cenderung berani berbagi informasi dan membicarakan masalah uang mereka kepada orang lain.

Jadi, mereka tidak pernah menyembunyikan masalah keuangannya dan akan berani jujur jika memang sedang memiliki masalah finansial.

4. Suka berbelanja

© Freepik.com

Belanja seperti menjadi salah satu kegiatan yang paling disukai oleh generasi milenial. Tidak hanya belanja pakaian atau makanan saja, milenial juga rela mengeluarkan banyak uang untuk hal lainnya.

Misalnya untuk kebutuhan bersosialisasi bersama teman-temannya, mencoba makanan di restoran baru, hingga kebutuhan minum kopi harian.

5. Selalu khawatir dengan masalah finansial

Fakta finansial milenial yang selanjutnya adalah mereka selalu khawatir dan stres karena masalah uang.

Faktor seperti memiliki utang atau pendapatan yang selalu terasa kurang menjadi hal-hal yang selalu dipikirkan oleh milenial.

Selain itu, mereka juga mudah merasa stres saat melihat orang lain di media sosial yang terlihat lebih sukses dan beruntung secara finansial.

Baca Juga: Tips Beli Rumah untuk Millennials

6. Sebagian besar milenial berhasil menabung

Meskipun milenial sering disebut boros dan suka belanja, tapi sebagian besar dari mereka juga berhasil berhemat dan menyimpan uangnya.

Menurut survei yang dilakukan oleh Revolut rupanya diketahui bahwa sekitar dua pertiga milenial berhasil menabung secara teratur.

Alasan utama mereka menabung adalah untuk mengumpulkan dana untuk membeli rumah pertama dan pergi berlibur.

7. Utang kartu kredit milenial lebih rendah

© Freepik.com

Utang kartu kredit milenial juga terbilang lebih rendah dari generasi sebelumnya. Fakta finansial milenial yang satu ini tentunya cukup mengagetkan, bukan?

Namun, rupanya ada laporan yang mengatakan bahwa rata-rata utang kartu kredit yang dimiliki oleh milenial jauh lebih rendah dari generasi sebelumnya.

Kartu kredit memang memiliki bunga yang sangat tinggi. Jadi mungkin hal itu yang menjadi penyebab milenial malas untuk berbelanja dengan kartu kredit.

8. Kurang paham dengan pentingnya persiapan dana pensiun

Dana pensiun sebenarnya menjadi salah satu hal yang harus dipersiapkan. Jadi, di usia senja kita bisa hidup damai tanpa ada beban finansial.

Sayangnya, milenial masih kurang paham dengan pentingnya mempersiapkan dana pensiun. Sebagian besar dari mereka hanya peduli dengan tabungan untuk liburan daripada untuk pensiun.

9. Lebih suka mengeluarkan uang untuk pengalaman daripada membeli benda

Sudah cukup banyak penelitian yang menunjukkan bahwa generasi milenial lebih menyukai mendapatkan pengalaman dari memiliki benda.

Itulah mengapa, mereka lebih senang menabung untuk berlibur dan mencari pengalaman daripada harus membeli suatu benda.

Selain berlibur, kegiatan seperti mencoba makanan unik, langganan aplikasi streaming, atau datang ke konser menjadi hal yang lebih diprioritaskan oleh milenial.

10. Tidak pernah berpikir bahwa keuangannya lebih baik dari orang lain

© Freepik.com

Selain lebih terbuka dalam membicarakan masalah finansial, rupanya milenial juga tidak pernah berpikir bahwa keuangannya lebih baik dari orang lain.

Meskipun melihat teman atau keluarganya mengalami masalah keuangan, milenial tidak pernah berpikir bahwa ia lebih baik dalam mengatur uangnya.

Fakta finansial milenial yang satu ini tentunya dapat menggambarkan bahwa milenial sudah paham bahwa mengatur keuangan bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Baca Juga: Jangan Takut! Ini Pilihan Bijak Investasi untuk Pemula

Setelah membaca 10 fakta seputar finansial dari generasi milenial di atas, bagaimana pendapatmu? Apakah memang sesuai denganmu?

Sebagai generasi milenial yang saat ini sedang dalam usia produktif memang mengatur keuangan menjadi hal yang cukup menantang.

Namun, bukan berarti semua milenial memang boros dan malas untuk menabung. Pasalnya, ada cukup banyak milenial yang masih peduli dengan masalah finansialnya dan pandai menabung.

Jika tertarik dengan topik cara berhemat dan mengatur keuangan, kamu bisa berlangganan newsletter dari blog Glints, lho.

Kamu hanya perlu mendaftarkan email saja untuk mendapatkan beragam informasi menarik seputar tips keuangan hingga artikel seputar dunia kerja lainnya.

Yuk, jangan ragu lagi segera sign up sekarang dan dapatkan artikel terbaru dari Glints langsung ke inbox-mu setiap minggunya.

Sumber

    7 Interesting Financial Facts About Millennials

    Millennials and Money: Surprising Facts You Should Know

    6 facts that show millennials are going to be OK, even if you think they aren’t

    Don’t believe the hype about millennials and money, data suggests

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://taubgt.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://taubgt.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

About vina

Fangirl Apple , a Moms and Tech Enthusiast yang kini ingin berbagi dan mengajak kamu untuk tahu lebih banyak tentang Apple Product. Terimakasih udah baca tulisan aku :DBesok datang lagi yach :D